MULTIMEDIA (MM)

Paket Keahlian Multimedia secara khusus memiliki sasaran untuk menyiapkan siswa agar mampu menyampaikan pesan dan informasi yang dapat digunakan melalui berbagai media yang ada, seperti media teks, grafis, animasi, audio, video dan media interaktif.

VISI

Menyiapkan siswa yang kompeten di bidang Multimedia yakni meliputi kemampuan dibidang Desain Grafis, Desain Animasi, Desain Web, Desain Fotografi, Desain Videografi dan Kemampuan dasar bidang Komputer jaringan serta Broadcasting.

MISI 

  1. Koordinasi yang baik antar tenaga edukatif khususnya program keahlian multimedia agar terciptanya keterkaitan antara materi satu dengan yang lainnya.
  2. Kesamaan pandangan dan pola pikir yang progresif.
  3. Membekali siswa multimedia dengan komptensi yang dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri.
  4. Menerapkan suasana belajar yang kondusif.
  5. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan untuk mendukung proses pembelajaran yang optimal.

TUJUAN

  1. Menyiapkan tamatan multimedia yang terampil dan profesional.
  2. Membekali peserta didik dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri.
  3. Menyiapkan tamatan multimedia yang mampu mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan jaman.
  4. Menyiapkan tenaga kerja yang berakhlak mulia, kreatif, mandiri, bertanggung jawab, disiplin dan jujur.
  5. Membekali peserta didik menjadi jiwa seorang enterpreneurship.

-

Tujuan Kompetensi Keahlian Multimedia adalah membekali peserta didik dengan pengetahuan, ketrampilan dan sikap profesional kerja agar kompeten dalam :
  1. Merakit personal komputer
  2. Melakukan isntalasi sistem operasi dasar
  3. Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja dan Lingkungan hidup
  4. Memahami etimologi multimedia
  5. Mengilustrasikan alir proses produksi multimedia
  6. Merawat peralatan multimedia
  7. Mengelola isi halaman web
  8. Menerapkan teknik pengambilan gambar
  9. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual
  10. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
  11. Menguasai cara menggambar clean up dan sisip
  12. Menguasai dasar animasi stop motion (bidang datar)
  13. Menggabungkan teks ke dalam sajian multimedia
  14. Menggabungkan 2d dan 3d ke dalam sajian multimedia
  15. Menggabungkan fotografi digital ke dalam sajian multimedia
  16. Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
  17. Membuat story boar aplikasi multimedia
  18. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
  19. Menerapkan efek khusus pada objek produksi
  20. Menyusun proposal penawaran
Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah
Nomor 07/D.D5/KK/2018 tanggal 7 Juni 2018
tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK)
DATA INVENTARIS LAB MULTIMEDIA
No Nama
1 Papan Tulis
2 Meja Guru
3 Kursi Guru
4 Meja Siswa
5 Kursi Siswa
6 Proyektor
7 Printer
8 Lemari
9 Etalase
10 Air Conditioner (AC)
11 Kipas Angin
12 Kamera Foto
13 Kamera Video
14 Headset
15 Perangkat Studio

Pages